Selasa, 29 Mei 2012

JAWABAN TUTOR_NYERI


JAWABAN TUTOR  ASKAR  Skep Ns PERTMUAN 1
1)Mekanisme pemberian kompres hangat dalam menurunkan suhu tubuh
            Pemberian kompres hangat pada daerah tubuh akan memberikan sinyal ke hipothalamus melalui sumsum tulang belakang. Ketika reseptor yang peka terhadap panas dihipotalamus dirangsang, sistem effektor mengeluarkan sinyal yang memulai berkeringat dan vasodilatasi perifer. Perubahan ukuran pembuluh darah diatur oleh pusat vasomotor pada medulla oblongata dari tangkai otak, dibawah pengaruh hipotalamik bagian anterior sehingga terjadi vasodilatasi. Terjadinya vasodilatasi ini menyebabkan pembuangan/kehilangan energi/panas melalui kulit meningkat ( berkeringat ), diharapkan akan terjadi penurunan suhu tubuh sehingga mencapai keadaan normal kembali.

2)kapan kompres dingin digunakan dan bagaimana mekanisme kerjanya
            Ø Kompres Dingin
1.      Gangguan sensibilitas kulit
2.      Penyakit Buerger
3.      Gangguan peredaran darah arteri perifer
  

KOMPRES DINGIN (cold pack)

Cara ini menggunakan cold pack yang didinginkan dalam cold pack unit atau menggunakan peralatan yang lebih sederhana, berupa kain handuk yang sebelumnya direndam ke dalam air es dengan temperature 13 0C sampai 18 0C, setelah diperas baru digunakan.Bila kita memberikan rangsangan dingin, maka pada jaringan yang terkena rangsangan tadi akan mengalami penurunan temperature (cooling), hal ini akan diikuti dengan :
1.    Penurunan tingkat metabolisme
2.    Terjadi vasokonstriksi arteriole yang timbul akibat pengurangan terbentuknya metabolit (CO2 dan asam laktat ) dan pengaruh dingin terhadap pembuluh darah,
3.    Vasokonstriksi juga terjadi pada pembuluh darah kulit dan ini berlangsung secara reflektoris, oleh karena kulit sabagai komponen thermoregulator (pengatur panas) akan bereaksi terhadap adanya rangsangan dingin.
4.    Vasokonstriksi yang terjadi akan menurunkan kecenderungan terbentuknya cairan edema dan penurunan produksi cairan limfe, karena permeabilitas dinding pembuluh darah menurun.
5.    Dingin akan menginduksi pembuluh darah vena, sehingga terjadi vakonstriksi pembuluh darah vena dan ini akan menaikkan tekanan venosa.


3)Mekanisme mengapa seseorang menggigil
           Demam timbul sebagai respons terhadap pembentukan interleukin-1, yang disebut pirogen endogen. Interleukin-1 dibebaskan oleh neutrofil aktif, makrofag, dan sel-sel yang mengalami cedera. Interlekin-1 tampaknya menyebabkan panas dengan menghasilkan prostaglandin yang merangsang hipotalamus (kompensasinya, hipotalamus selanjutnya akan meningkatkan titik patokan suhu tubuh (di atas suhu normal). Adanya peningkatan titik patakan ini dikarenakan mesin tersebut merasa bahwa suhu tubuh sekarang dibawah batas normal. Akibatnya terjadilah respon dingin/ menggigil
4)Mekanisme terjadinya demam pada seseorang
Demam atau febris merupakan suatu keadaan dimana terjadi peningkatan suhu tubuh, dimana suhu tersebut melebihi dari suhu tubuh normal.
Proses perubahan suhu yang terjadi saat tubuh dalam keadaan sakit lebih dikarenakan oleh zat toksin yang masuk kedalam tubuh. Proses peradangan diawali dengan masuknya zat toksin (mikroorganisme) kedalam tubuh kita. Mikroorganisme (MO) yang masuk kedalam tubuh umumnya memiliki suatu zat toksin tertentu yang dikenal sebagai pirogen eksogen.Pengeluaran prostaglandin dibantu oleh enzim siklooksigenase (COX). Pengeluaran prostaglandin akan mempengaruhi kerja dari termostat hipotalamus. Sebagai kompensasinya, hipotalamus akan meningkatkan titik patokan suhu tubuh (di atas suhu normal). Adanya peningkatan titik patokan ini dikarenakan termostat tubuh (hipotalamus) merasa bahwa suhu tubuh sekarang dibawah batas normal. Akibatnya terjadilah respon dingin/ menggigil. Adanya proses mengigil ( pergerakan otot rangka) ini ditujukan untuk menghasilkan panas tubuh yang lebih banyak. Dan terjadilah demam.
5) Mekanisme bagaimana bunyi dapat kita dengar dan persepsikan
·               Di dalam telinga terdapat reseptor khusus untuk mengenali getaran bunyi dan untuk keseimbangan.
·               Ada tiga bagian utama dari telinga manusia, yaitu bagian telinga luar, telinga tengah, dan telinga dalam.
·               Telinga luar berfungsi menangkap getaran bunyi, dan telinga tengah meneruskan getaran dari telinga luar ke telinga dalam.
·               Reseptor yang ada pada telinga dalam berupa coclea ( rumah siput) akan menerima rangsang bunyi dan mengirimkannya berupa impuls ke otak untuk diolah.
·               Bagian yang peka penerima bunyi di Coclea itu disebut organ Korti berupa rambut rambut halus
·               Dari Organ korti yang banyak terdapat syaraf pendengaran ( Auditory ) staraf tepi otak no 8 akan mengirimkan ke Otak besar Lobus temporalis untuk diasosiasikan menjadi imaginasi suara . OK
·              Mekanisme suara yang diterima telinga berupa gelombang suara /frekuensi suara bisa anda lihat di bagian organ telinga ini .

            BERCERITA
.Metode bercerita merupakan salah satu pembelajaran pemberian pengalaman belajar bagi anak usi dini  dengan membawakannya secara lisan.Unsur-unsur Bercerita yaitu: Tuturan yaitu upaya menjelaskan terjadinya
sesuatu hal, peristiwa, dan kejadian Karangan yaitu upaya menuturkan perbuatan, pengalaman orang, baik


Fungsi Bercerita bagi anak
usia 4-6 tahun yaitu untuk membantu perkembangan anak. Dengan bercerita pendengaran anak dapat di
fungsikan dengan baik, untuk membantu kemampuan berbicara dengan cara menambah perbendaharaan kosa
kata, kemampuan mengucapkan kata-kata, melatih merangkai kalimat.
...

PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI
Pembelajaran kepada anak usia dini harus dilakukan secara tepat, yaitu : Memperkuat Ego Dalam usia dini yang
harus diperkuat adalah ego anak. Anak harus di dididik berkata “Inilah aku” bukan “Inilah kami”. Kepercayaan
diri yang tumbuh sejak dini berdampak pada kemandiriannnya dimasa mendatang. Anak belajar bersosialisasi
ketika masuk sekolah dasar (SD). Karena saat itu otaknya sudah mulai berkembang dan emosinya mulai
tumbuh.

semua anak itu unik, termasuk anak
Sudut pandang terhadap anak autis cenderung difokuskan pada deficit atau
kekurangan yang mereka miliki. Mereka dianggap aneh karena sibuk dengan dunianya sendiri, seolah tak mau
bergaul dengan orang banyak, dan menarik diri dengan dunia luar. Padahal kecenderungan anak untuk
melakukan demikian bukan dikarenakan anak tidak mau mengeksplorasi diri, melainkan karena mereka terlalu
sensitive terhadap stimulus dari lingkungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar