Rabu, 23 Mei 2012

DUKTUS ARTERIOUS PATEN_Nytha odhe



DUKTUS ARTERIOUS PATEN(PATEN DUCTUS ANRTERIOUS-SP)








DI SUSUN OLEH:
WA ODE ANITA RAHAYU.A
NIM.NH 0111 444


KELAS:A10 S1 KEPERAWATAN
SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN NANI HASANUDDIN MAKASSAR
2012




DUKTUS ARTERIOUS PATEN(PATENT DUKTUS ANRTERIOUS-SP)

I.TINJAUAN MEDIS

1.PENGERTIAN
Ductus Arteriosus adalah saluran yang berasal dr arkus aorta VI pada janin yang menghubungkan arteri pulmonalis dengan aorta descenden. Bayi normal menutup secara fungsional 10-15 jam setelah lahir secara anatomis mjd ligamentum arteriosum usia 2-3 mgg. Jika tidak menutup à PDA.
Patent Ductus Arteriosus (PDA) atau Duktus Arteriosus Paten (DAP) adalah kelainan jantung kongenital (bawaan) dimana tidak terdapat penutupan (patensi) duktus arteriosus yang menghubungkan aorta dan pembuluh darah besar pulmonal setelah 2 bulan pasca kelahiran bayi. Biasanya duktus arteriosus akan menutup secara normal dalam waktu 2 bulan dan meninggalkan suatu jaringan ikat yang dikenal sebagai ligamentum arteriosum. PDA dapat merupakan kelainan yang berdiri sendiri (isolated), atau disertai kelainan jantung lain.
Kegagalan penutupan ductus anterior (arteri yang menghubungkan aorta & arteri pulmonalis) dalam minggu I kelahiran selanjutnya terjadi patensy / persisten pada pembuluh darah yang terkena aliran darah dari tekanan > tinggi pada aorta ke tek yang > rendah di arteri pulmunal à menyebabkan Left to Right Shunt.

2.ETIOLOGI
  1. Genetika

Kasus familial patent ductus arteriosus (PDA) telah dilaporkan, tetapi penyebab genetik belum ditentukan.Pada bayi lahir di panjang yang memiliki paten gigih ductus arteriosus (PDA), tingkat kekambuhan antara saudara kandung adalah 5%.Beberapa bukti awal menunjukkan bahwa sebanyak sepertiga dari kasus disebabkan oleh suatu sifat resesif berlabel PDA1, yang terletak pada kromosom 12, setidaknya dalam beberapa populasi.
  1. Kelainan kromosom
Beberapa kelainan kromosom yang berhubungan dengan patensi terus-menerus dari duktus arteriosus. Teratogen terlibat termasuk infeksi rubella bawaan pada trimester pertama kehamilan, khususnya melalui usia kehamilan 4 minggu (terkait dengan paten ductus arteriosus [PDA] stenosis dan cabang arteri paru), sindroma alkohol janin, penggunaan amfetamin ibu, dan penggunaan fenitoin ibu.

  1. Prematuritas
Prematuritas atau ketidakmatangan bayi pada saat pengiriman berkontribusi terhadap patensi dari duktus.Beberapa faktor yang terlibat, termasuk ketidakmatangan otot polos dalam struktur atau ketidakmampuan paru-paru belum matang untuk menghapus prostaglandin beredar yang tetap dari kehamilan.Mekanisme ini tidak sepenuhnya dipahami.Kondisi yang berkontribusi terhadap tekanan oksigen rendah dalam darah, seperti paru-paru belum matang, hidup bersama cacat jantung bawaan, dan ketinggian tinggi, yang berhubungan dengan patensi terus-menerus dari duktus.
  1. Penyebab lain

Penyebab lainnya adalah berat badan lahir rendah (BBLR), prostaglandin, ketinggian tinggi dan tekanan oksigen atmosfer rendah , dan hipoksia.  Infeksi rubela pada trimester pertama kehamilan

3.PATOFISIOLOGI
  • Hemodinamika.Segera setelah bayi lahir, tali pusat dipotong dan mulai bernafas, paru-paru berkembang, tahanan pembuluh darah paru berkurang, tekanan di aorta lebih besar daripada di arteria pulmonalis, timbul pirau dari kiri ke kanan (dari aorta ke arteria pulmonalis melalui PDA). Dengan membaiknya keadaan paru-paru, ta­hanan pembuluh darahnya makin berkurang, perbedaan tekanan dengan aorta menjadi lebih besar, pirau dari aorta ke arteria pulmonalis makin banyak, darah di arteria pulmonalis lebih banyak, timbul sembab paru serta gejala klinis yang nyata.
  • Ductus arteriosus biasanya paten selama hidup janin, yang merupakan struktur penting dalam perkembangan janin karena memberi kontribusi terhadap aliran darah ke seluruh organ-organ janin dan struktur. Dari minggu 6 dan seterusnya kehidupan janin, ductus bertanggung jawab untuk sebagian besar keluar ventrikel kanan, dan memberikan kontribusi 60% dari cardiac output jumlah seluruh kehidupan janin. Hanya sekitar% dari arus keluar nya 5-10 melewati paru-paru.
  • Patensi ini ddipertahankan terus-menerus oleh produksi prostaglandin E2 (PGE2) oleh ductus. Penutupan ductus sebelum kelahiran dapat menyebabkan gagal jantung kanan. Prostaglandin antagonisme, seperti penggunaan ibu dari obat anti inflamasi (NSAID), dapat menyebabkan penutupan janin dari duktus arteriosus.
  • Dengan demikian, patent ductus arteriosus (PDA) menghasilkan shunt kiri ke kanan. Dengan kata lain, ini memungkinkan darah untuk keluar dari sirkulasi sistemik ke sirkulasi paru. Hasil pembengkakan paru dengan penurunan kepatuhan paru. Reaksi dari pembuluh darah paru dengan meningkatnya aliran darah tidak dapat diprediksi.
  • Besarnya aliran darah paru yang berlebih tergantung pada faktor-faktor yang relatif sedikit. Semakin besar diameter dalam bagian yang paling sempit dari ductus arteriosus, shunt yang lebih besar kiri ke kanan. Jika duktus arteriosus bersifat restriktif, maka panjang daerah menyempit juga mempengaruhi besarnya shunt. Sebuah ductus dikaitkan dengan shunt yang lebih kecil. Akhirnya, besarnya shunt kiri ke kanan sebagian dikendalikan oleh hubungan antara resistensi pembuluh darah paru (PVR) dengan resistensi pembuluh darah sistemik (SVR).
  • Jika SVR yang tinggi atau PVR rendah, aliran melalui duktus arteriosus berpotensi besar. Dimulai pada duktus arteriosus, jalannya aliran darah (sistol dan diastol melalui) dalam patent ductus arteriosus khas (PDA) dengan overcirculation paru adalah sebagai berikut: patent ductus arteriosus (PDA), arteri paru, paru kapiler, pembuluh darah paru, meninggalkan atrium ventrikel kiri, aorta, patent ductus arteriosus (PDA). Oleh karena itu, shunt kiri ke kanan besar melalui ductus arteriosus paten (PDA) menghasilkan pembesaran ventrikel kiri atrium dan kiri. Pembuluh darah paru dan aorta asendens juga dapat dilebarkan dengan patent ductus arteriosus cukup besar (PDA). Selain itu, jika pembatasan sedikit atau pada tingkat patent ductus arteriosus (PDA), hasil hipertensi paru.
Awalnya darah mengalir melalui aorta masuk ke arteri pulmonalis (karena tekanan darah aorta >>) Lama-kelamaan karena darah memenuhi pembuluh darah paru-paru, terjadilah hipertensi pulmonal Karena peningkatan tahanan a. pulmonalis terjadilah aliran balik, dari a. pulmonalis menuju aorta Karena darah yang terdeoxydasi masuk ke arteri sistemik, otomatis akan timbul sianosis.

4.MANIFESTASI KLINIK
• Tidak menimbulkan gejala bila PDA kecil. Tanda-tanda CHF muncul pada PDA besar.
• Murmur kontinyu (machinery) derajat 1 sampai 4/6 terdengar dengan jelas pada ULSB atau daerah infraklavikula kiri yang merupakan petanda khas kelainan ini. Rumble apikal terdengar pada PDA besar.
• Pulsasi nadi perifer yang lemah dan lebar
• CHF dan infeksi paru berulang seringkali terjadi pada PDA besar.
• Penutupan spontan PDA tidak akan terjadi pada bayi aterm.
• Akan terjadi hipertensi pulmonal dan PVOD bila PDA dibiarkan tanpa tindakan penutupan.
• Sianosis yang terjadi pada PDA dengan PVOD dikenal sebagai sianosis diferensial oleh karena hanya ekstremitas bawah yang biru sedangkan ekstremitas atas tetap normal.

            Manifestasi klinis PDA pada bayi prematur sering disamarkan oleh masalah-masalah lain yang berhubungan dengan prematur (misalnya sindrom gawat nafas). Tanda-tanda kelebihan beban ventrikel tidak terlihat selama 4 – 6 jam sesudah lahir. Bayi dengan PDA kecil mungkin asimptomatik, bayi dengan PDA lebih besar dapat menunjukkan tanda-tanda gagal jantung kongestif (CHF)
• Kadang-kadang terdapat tanda-tanda gagal jantung
• Machinery mur-mur persisten (sistolik, kemudian menetap, paling nyata terdengar di tepi sternum kiri atas)
• Tekanan nadi besar (water hammer pulses) / Nadi menonjol dan meloncat-loncat, Tekanan nadi yang lebar (lebih dari 25 mm Hg)
• Takhikardia (denyut apeks lebih dari 170), ujung jari hiperemik
• Resiko endokarditis dan obstruksi pembuluh darah pulmonal.
• Infeksi saluran nafas berulang, mudah lelah
• Apnea
• Tachypnea
• Nasal flaring
• Retraksi dada
• Hipoksemia
• Peningkatan kebutuhan ventilator (sehubungan dengan masalah paru)
(Suriadi, Rita Yuliani, 2001 ; 236, Betz & Sowden, 2002 ; 376

5.DIAGNOSIS                                                                  
            DIAGNOSIS BANDING
  • Venous Hum’
  • Ruptur sinus Valsava
  • Insufisiensi Aorta + VSD
  • Trunkus Arteriosus
  • Aortico-pulmonary window’
  • Acute Pericarditis
  • Aortopulmonary Septal Defect
  • Coarctation of the Aorta
  • Coronary Artery Fistula
  • Pediatric Acute Respiratory Distress Syndrome
  • Pediatric Sinus of Valsalva Aneurysm
  • Pediatric Tachycardia
  • Pediatric Tetralogy of Fallot With Absent Pulmonary ValvePulmonic Valvular Stenosis
  • Sickle Cell Anemia
            Diagnosis patent ductus arteriosus (PDA) hampir selalu didasarkan pada evaluasi klinis yang cermat, termasuk pemeriksaan fisik yang menunjukkan gumaman karakteristik, elektrokardiografi khas (EKG) kelainan, perubahan radiografi, dan echocardiographic / Doppler.
Radiografi dada dapat memberikan beberapa informasi bermanfaat.Uji laboratorium umumnya tidak membantu dalam pemeriksaan paten ductus arteriosus (PDA). Magnetic resonance angiography dan jantung computed tomography adalah alternatif, lebih baru, peralatan diagnostik.

   Diagnosa Keperawatan
1.        Penurunan Curah jantung b.d malformasi jantung
2.         Gangguan pertukaran gas b.d kongesti pulmonal
3.         Intoleransi aktivitas b.d ketidakseimbangan antara pemakaian oksigen oleh tubuh dan suplai oksigen ke sel.
4.         Perubahan pertumbuhan dan perkembangan b.d tidak adekuatnya suplai oksigen dan zat nutrisi ke jaringan.
5.        Perubahan nutrisi kurang dari kebutuhan tubuh b.d kelelahan pada saat makan dan meningkatnya kebutuhan kalori.
6.        Resiko infeksi b.d menurunnya status kesehatan.
7.        Perubahan peran orang tua b.d hospitalisasi anak, kekhawatiran terhadap penyakit anak.


6.PENATALAKSANAAN MEDIK
            Penatalaksanaan Konservatif : Restriksi cairan dan bemberian obat-obatan : Furosemid (lasix) diberikan bersama restriksi cairan untuk meningkatkan diuresis dan mengurangi efek kelebihan beban kardiovaskular, Pemberian indomethacin (inhibitor prostaglandin) untuk mempermudah penutupan duktus, pemberian antibiotik profilaktik untuk mencegah endokarditis bakterial. Pembedahan : Pemotongan atau pengikatan duktus. Non pembedahan : Penutupan dengan alat penutup dilakukan pada waktu kateterisasi jantung.(Betz & Sowden, 2002 ; 377-378, Suriadi, Rita Yuliani, 2001 ; 236)

II.TINJAUAN KEPERAWATAN
1.PENGKAJIAN
      Riwayat keperawatan :
1.       respon fisiologis terhadap defek (sianosis, aktivitas terbatas)
2.       Kaji adanya tanda-tanda gagal jantung,
3.       nafas cepat, sesak nafas, retraksi,
4.       bunyi jantung tambahan (machinery mur-mur),
5.       edera tungkai, hepatomegali.
6.       Kaji adanya hipoksia kronis : Clubbing finger
7.       Kaji adanya hiperemia pada ujung jari
8.       Kaji pola makan, pola pertambahan berat badan

 Pengkajian psikososial meliputi :
1.       usia anak,
2.       tugas perkembangan anak,
3.       koping yang digunakan,
4.       kebiasaan anak,
5.       respon keluarga terhadap penyakit anak,
6.       koping keluarga dan penyesuaian keluarga terhadap stress.


2.INTERVENSI
1. Mempertahankan curah jantung yang adekuat
• Observasi kualitas dan kekuatan denyut jantung, nadi perifer, warna dan kehangatan kulit
• Tegakkan derajat sianosis (sirkumoral, membran mukosa, clubbing)
• Monitor tanda-tanda CHF (gelisah, takikardi, tachypnea, sesak, mudah lelah, periorbital edema, oliguria, dan hepatomegali)
• Kolaborasi pemberian digoxin sesuai order, dengan menggunakan teknik pencegahan bahaya toksisitas.
• Berikan pengobatan untuk menurunkan afterload
• Berikan diuretik sesuai indikasi.

2. Mengurangi adanya peningkatan resistensi pembuluh paru
• Monitor kualitas dan irama pernafasan
• Atur posisi anak dengan posisi fowler
• Hindari anak dari orang yang terinfeksi
• Berikan istirahat yang cukup
• Berikan nutrisi yang optimal
• Berikan oksigen jika ada indikasi

3. Mempertahankan tingkat aktivitas yang adekuat

• Ijinkan anak untuk sering beristirahat, dan hindarkan gangguan pada saat tidur
• Anjurkan untuk melakukan permainan dan aktivitas ringan
• Bantu anak untuk memilih aktivitas yang sesuai dengan usia, kondisi dan kemampuan anak.
• Hindarkan suhu lingkungan yang terlalu panas atau terlalu dingin
• Hindarkan hal-hal yang menyebabkan ketakutan / kecemasan pada anak

4. Memberikan support untuk tumbuh kembang

• Kaji tingkat tumbuh kembang anak
• Berikan stimulasi tumbuh kembang, kativitas bermain, game, nonton TV, puzzle, nmenggambar, dan lain-lain sesuai kondisi dan usia anak.
• Libatkan keluarga agar tetap memberikan stimulasi selama dirawat

5. Mempertahankan pertumbuhan berat badan dan tinggi badan yang sesuai

• Sediakan diit yang seimbang, tinggi zat-zat nutrisi untuk mencapai pertumbuhan yang adekuat
• Monitor tinggi badan dan berat badan, dokumentasikan dalam bentuk grafik untuk mengetahui kecenderungan pertumbuhan anak
• Timbang berat badan setiap hari dengan timbangan yang sama dan waktu yang sama
• Catat intake dan output secara benar
• Berikan makanan dengan porsi kecil tapi sering untuk menghindari kelelahan pada saat makan
• Anak-anak yang mendapatkan diuretik biasanya sangat haus, oleh karena itu cairan tidak dibatasi.


3.IMPLEMENTASI
·         Penutupan spontan dari patent ductus arteriosus (PDA) dapat terjadi secara wajar.
·         Jika terdapat gangguan pernapasan yang signifikan atau gangguan pengiriman oksigen sistemik , biasanya terpai standar dapat dilakukan.
·         Indometasin intravena atau ibuprofen intravena sering efektif dalam menutup patent ductus arteriosus (PDA) jika diberikan dalam 10-14 hari pertama kehidupan.
·         Pilihan lain adalah Kateterisasi Jantung dan ligasi bedah, yang memerlukan torakotomi. Manajemen medis juga terdiri dari perbaikan gagal jantung kongestif (CHF) gejala. CHF adalah indikasi untuk penutupan patent ductus arteriosus (PDA) pada masa bayi. Jika terapi medis tidak efektif, intervensi mendesak untuk menutup struktur harus dilakukan.
·         Semua patent ductus arteriosus (PDA) harus ditutup karena risiko endokarditis bakteri yang terkait dengan struktur terbuka. Seiring waktu, aliran darah meningkat paru presipitat penyakit paru obstruktif vaskuler, yang pada akhirnya berakibat fatal.
Identifikasi malformasi jantung tambahan, seperti coarctation atau terputus arkus aorta atau atresia paru, adalah kebutuhan yang paling penting sebelum penutupan farmakologis atau bedah dari patent ductus arteriosus (PDA). Ketika ligasi bedah tidak diindikasikan, inhibitor prostaglandin (misalnya, obat antiinflamasi nonsteroid [NSAID]) digunakan untuk menutup ductus arteriosus.
·         Sebuah lesi tergantung duktal membutuhkan kekuatan paten ductus arteriosus (PDA) untuk memastikan aliran darah yang cukup paru.
Perawatan Pra-rumah sakit
  • Pemberian oksigen tambahan untuk memberikan dukungan  hipoksia paru, dan perawatan suportif.
  • Langkah-langkah lain meliputi natrium dan pembatasan cairan serta koreksi anemia apapun.
  • Transfer ke sebuah pusat perawatan tersier adalah wajib bagi seorang pasien dengan extremitas kemerahan sekali yang harus distabilkan dengan diuretik dan ventilasi tekanan positif.
  • Konsultasi dengan seorang ahli jantung anak dan dokter bedah jantung anak dapat diindikasikan.

4.EVALUASI
1.       Anak akan menunjukkan tanda-tanda membaiknya curah jantung
2.        Anak akan menunjukkan tanda-tanda tidak adanya peningkatan resistensi pembuluh paru
3.        Anak akan mempertahankan tingkat aktivitas yang adekuat
4.        Anak akan tumbuh sesuai dengan kurva pertumbuhan berat dan tinggi badan
5.        Anaka akan mempertahankan intake makanan dan minuman untuk mempertahankan berat badan dan menopang pertumbuhan
6.        Anak tidak akan menunjukkan tanda-tanda infeksi
7.       Orang tua akan mengekspresikan perasaannya akibat memiliki anak dengan kelainan jantung, mendiskusikan rencana pengobatan, dan memiliki keyakinan bahwa orang tua memiliki peranan penting dalam keberhasilan pengobatan.





DAFTAR PUSTAKA
a.       Carpenito, Lynda Juall, 2000, Buku Saku Diagnosa Keperawatan, Edisi 8, EGC, Jakarta.
b.       Doenges, M.E.,Moorhouse M.F.,Geissler A.C., 2000, Rencana Asuhan Keperawatan, Edisi 3, EGC, Jakarta.
c.       Engram, Barbara, 1998, Rencana Asuhan Keperawatan Medikal Bedah, Volume 3, EGC, Jakarta.
d.       Ignatavicius D.D., Bayne M.V., 1991, Medical Surgical Nursing, A Nursing Process Approach, An HBJ International Edition, W.B. Saunders Company, Philadelphia.
e.       www.askep.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar